Monday, March 11, 2013

Asal Usul Horoskop Cina


MENURUT legenda, ketika sang Budha hendak meninggalkan bumi, beliau memerintakan semua binatang untuk hadir dihadapannya. Kebanyakan tidak mengindahkan undangan tersebut dan mereka mengarang bermacam alasan untuk tidak hadir. Akhirnya hanya ada 12 binatang yang muncul untuk mengucapkan selamat jalan kepada sang Budha.
Pertama-tama datanglah Tikus, kemudian Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Kera, Ayam, Anjing dan yang terakhir Babi.

Sebagai tanda penghargaan, sang Budha memutuskan untuk menghormati setiap binatang dengan menamai suatu tahun sesuai dengan nama dan urutan kedatangan binatang-binatang itu. Kemudian beliau menyatakan bahwa setiap hewan yang menguasai tahun yang dihadiahkan, diizinkan untuk memberikan sifat-sifatnya kepada setiap anak manusia yang lahir dalam tahun tersebut dan menunjukkan pengaruhnya melalui peristiwa yang terjadi di dunia.
Sejak saat itulah kita memiliki 12 shio binatang. Menurut kepercayaan China, binatang yang menguasai tahun kelahiran anda mempunyai pengaruh yang amat dalam terhadap kehidupan anda. Itulah binatang yang tersembunyi di hati Anda.
Menurut sejarah, zodiak binatang China dikenalkan kurang lebih pada tahun 2637 SM, ketika Kaisar China Huang Ti memulai putaran pertama dari zodiak tersebut pada tahun pemerintahannya yang ke-61. Tidak seperti astrologi barat yang berdasar pada peredaran planet-planet dalam tata surya kita, astrologi Cina berdasar pada kalender bulan yang dimulai pada akhir bulan Januari sampai pertengahan Februari setiap tahun, tergantung pada tanggal jatuhnya bulan baru.
Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?
Oleh karena itu, jika anda lahir pada bulan Januari atau Februari, Anda harus memeriksa secara teliti almanak kita untuk memastikan bahwa anda tidak dilahirkan pada tahun sebelum atau sesudahnya sesuai dengan perhitungan China.
Pengaruh Unsur
Dalam astrologi barat terdapat lebih banyak lagi daripada serangkaian tanda zodiak. Begitu juga dalam astrologi China yang tidak hanya terdiri dari shio-shio yang menandai tahun kelahiran anda. Kedua hal tersebut hanya menggambarkan aspek-aspek yang paling umum dari kepribadian kita.
Dalam astrologi China, setiap tahun bukan saja dikuasai oleh satu jenis binatang tetapi juga dipengaruhi oleh salah satu dari Lima Unsur Dasar dalam filosofi China: Logam, Air, Kayu, Api dan Tanah. Akan tetapi, tidak seperti binatang yang berkuasa hanya selama satu tahun, pengaruh dari tiap unsur tersebut terasa selama dua tahun dalam tiap periode. Hal ini dikarenakan tiap elemen harus mengungkapkan aspek Yang-nya pada tahun pertama (melalui sifat agresif dan kemampuan berinisiatif yang ditunjukkan oleh Tikus, Macan, Naga, Kuda, Monyet atau Anjing), serta aspek Yin pada tahun berikutnya (melalui sifat pasif dan mau menerima yang diperlihatkan oleh Kerbau, Kelinci, Ular, Kambing, Ayam atau Babi).
Memadukan binatang dan unsur-unsur berarti akan terdapat Naga Api dan Naga Tanah, Tikus Kayu dan Tikus Air. Mungkin anda dan ayah anda dilahirkan pada tahun Kuda. Meskipun demikian, sementara anda adalah seorang Kuda Api yang lahir pada tahun 1966, ayah anda dilahirkan pada tahun 1942, tahun Kuda Air. Kepribadian anda akan sama tetapi mempunyai sifat-sifat yang berbeda sesuai dengan perbedaan-perbedaan yang ada di antara unsur Api dan Air. Perputaran binatang dan unsur tersebut berulang setiap 60 tahun (12 binatang x 5 unsur). Tahun 1932 adalah tahun Kambing Logam, tetapi tahun Kambing Logam berikutnya tidak muncul hingga tahun 1992.
Waktu Kelahiran
Sementara perbedaan-perbedaan di antara Kuda Air dan Kuda Api dapat digambarkan sebagai suatu hal yang bersifat generasional, bagaimanakah astrologi China memperhitungkan perbedaan-perbedaan diantara orang-orang yang lahir pada tahun yang sama? Jika kita benar-benar ingin mengetahui hal-hal yang membuat watak kita unik, kita juga harus memperhitungkan waktu kelahiran kita.
Dalam kalender China, satu hari dimulai pada jam 11 malam dan 24 jam dibagi menjadi 12 bagian yang masing-masing terdiri atas 2 jam. Setiap bagian dikuasai oleh satu tanda binatang. Seperti dalam astrologi barat, tanda yang menguasai waktu kelahiran (yang disebut Asenden) dapat mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap kepribadian seseorang. Sebagai contoh, seorang Kambing yang tenang mungkin dilahirkan antara jam 9 sampai 11 malam, waktu yang dikuasai shio ular, sementara Kambing yang ribut dan pembual kemungkinan dilahirkan antara jam 5 sampai 7 pagi, yang dikuasai oleh shio Ayam.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment